Untitled Document

Sabtu, 05 Maret 2011

Menggunakan Layanan Net Send pada Jaringan Lokal

Bagaimana jika kita ingin berkomunikasi dalam jaringan, namun kita tidak memiliki aplikasinya?
Jangan khawatir, kita bisa menggunakan fasilitas yang tersedia pada OS kita tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Fasilitas ini bernama "Net Send". Net Send digunakan untuk mengirim pesan (massage) ke komputer lain yang terhubung ke jaringan local dengan rumus penulisan:
NETSEND nomor IP Address/nama host tujuan "pesan"
Contoh:
Kali ini kita akan mengirim pesan dari komputer dengan nama host Wahyuni_PC dengan IP: 192.168.1.2 ke komputer tujuan dengan nama host Rodiah_PC dengan IP: 192.168.1.1. Caranya adalah:
1. Buka jendela command Prompt, setelah itu ketikan: Net Send 192.168.1.1 "TEST" , tekan enter. Nomor IP dapat anda ganti dengan nama host komputer tujuan.
command prompt
2. Ketengan The massage was successfully..... menunjukkan bahwa pesan berhasil dikirimkan ke komputer tujuan. Coba lihat ke monitor komputer tujuan, akan ditampilkan jendela pesan berisi Massage from.... kurang lebih seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini.
Picture2
Perintah Net Send menggunakan layanan dengan nama messenger pada sistem operasi windows. Artinya untuk menggunakan perintah ini layanan ini harus sama-sama diaktifkan baik pada komputer pengirim maupun pada komputer penerima, jika tidak biasanya akan muncul pesan error seperti tergambar pada gambar di bawah ini.
Picture3
Berikut ini adalah layanan untuk mengaktifkan messenger:
1. Buka jendela control panel.
2. Pada jendela control panel yang muncul klik dua kali icon Administrative Tools, setelah itu klik dua kali icon Service. Di bawah ini adalah tampilan jendela Service.
Picture4
3. Cari nama service dengan nama Messenger, setelah itu klik dua kali pada layanan ini.
Picture5
4. Akan muncul jendela Messenger Properties. Perhatikan pada bagian Service status jika tertulis Stopped, berarti layanan Messenger belum diaktifkan. Setelah itu pilih jenis Startup Type, pilih Manual atau Automatic.
Picture6
5. Pilih tombol Start, windows akan melakukan proses pengaktifan service/layanan messenger. Klik Ok.
Picture7
Lakukan settingan ini pada tiap-tiap komputer agar dapat memanfaatkan layanan Net Send. Selamat ber-sms ria via jaringan lokal Anda....:-D

0 komentar:

Posting Komentar